IMG-LOGO

Infografis Monografi Kependudukan Desa Genikan

Create By 09 August 2024 65 Views

Genikan, 6 Agustus 2024 – Inovasi dan semangat kontribusi terhadap perkembangan desa terus berkobar di antara mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II Universitas Diponegoro. Kali ini, mahasiswa KKN dari Universitas Diponegoro telah berhasil melaksanakan program kerja dengan pembuatan infografis statistik data monografi kependudukan Desa Genikan. Kegiatan ini merupakan suatu upaya kreatif dan bermakna untuk mengolah data menjadi informasi yang menarik dan mudah untuk dipahami. Selain itu, juga dapat meningkatkan pemahaman baik masyarakat maupun perangkat desa mengenai data kependudukan desa.

 

Desa Genikan, yang terletak di Kecamatan Ngablak, Magelang, Jawa Tengah menghadirkan sejumlah potensi desa yang sangat beragam baik itu dalam bidang kependudukan, sumber daya alam, dan sosial-ekonomi. Namun, di Desa Genikan ini sendiri data-data tersebut belum terakomodir dengan baik dan sering kali tersimpan dalam file-file terperinci yang belum tersaji secara efektif kepada masyarakat. Untuk mengatasi tantangan ini, tim KKN TIM II UNDIP mengambil inisiatif dan langkah proaktif dengan mengembangkan program pembuatan infografis untuk menyajikan statistik data monografi kependudukan Desa Genikan.

 

Dalam program kerja ini, mahasiswa melakukan pengumpulan data monografi, analisis data, hingga pembuatan desain infografis. Dalam infografis tersebut menghadirkan informasi yang mencakup tentang kependudukan seperti jumlah penduduk, jenis kelamin, jumlah penduduk berdasarkan kelompok umur, laju pertumbuhan penduduk, rasio ketergantungan, dan rasio jenis kelamin. Selain itu juga terdapat informasi mengenai kondisi geografis desa, sumber daya alam (komoditi unggulan desa), pekerjaan, pendidikan, serta sarana dan prasarana Desa Genikan. Data yang sudah diperoleh kemudian diolah dan disajikan dalam bentuk infografis yang menarik dan mudah dipahami.

 

Infografis, sebagai bentuk visualisasi data yang menggabungkan teks, gambar, grafik, dan ilustrasi, telah menjadi senjata utama dalam menyampaikan informasi yang kompleks dengan cara yang lebih menarik dan efektif. Infografis yang dihasilkan menampilkan berbagai aspek penting mengenai kependudukan Desa Genikan. Dalam program ini, mahasiswa KKN TIM II UNDIP menggunakan prinsip ini untuk mengolah data-data monografi Desa Genikan menjadi infografis yang informatif dan merangsang minat.

 

Pada hari Selasa, 6 Agustus 2024 dilakukan penyerahan infografis secara resmi oleh mahasiswa KKN TIM II UNDIP yang dihadiri oleh Bapak Sekretaris Desa Genikan dan perangkat desa. Bingkai infografis tersebut juga dipasang di kantor Desa Genikan, memberikan akses kepada masyarakat untuk dengan mudah memahami informasi yang penting bagi perkembangan desa.

 

Program KKN dengan fokus pada infografis monografi kependudukan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi nyata mahasiswa dalam mendukung pembangunan desa berbasis data. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perencanaan pembangunan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat di Desa Genikan. Melalui program ini, mahasiswa KKN TIM II UNDIP telah membuktikan bahwa teknologi dan kreativitas dapat berpadu untuk memberikan manfaat nyata bagi komunitas lokal. Publikasi data monografi dalam bentuk infografis bukan hanya membantu masyarakat dalam memahami informasi yang kompleks, tetapi juga mendorong perkembangan Desa Genikan menuju keterbukaan dan transparansi yang lebih besar.

 

Program pembuatan infografis statistik data monografi kependudukan Desa Genikan oleh mahasiswa KKN TIM II UNDIP merupakan suatu langkah positif dalam menghadirkan data kehidupan desa secara lebih menarik dan mudah dicerna oleh masyarakat. Hal ini akan berdampak baik untuk Desa Genikan yang pada akhirnya membuka pemahaman yang lebih baik tentang potensi desa dan dapat mendukung tercapainya pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif.

 

Penulis                         : Intan Puspita Sari (Statistika/Fakultas Sains dan Matematika)

Dosen Pembimbing     : Ardiaz Ajie Aryandika S.Kom., MBA

Lokasi                          : Desa Genikan, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah