IMG-LOGO

Pengadaan Program Literasi dengan Tema “Petualangan Buku: Mari Bercerita!” di SDN Genikan

Create By 10 August 2024 46 Views

Magelang (26/07/2024) – Desa Genikan, yang terletak di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, menghadapi permasalahan yang cukup signifikan terkait minat baca di kalangan anak-anak. Dalam beberapa tahun terakhir, minat baca di desa ini mengalami penurunan yang cukup drastis. Hal ini disebabkan oleh tingginya ketertarikan anak-anak terhadap gadget dan media sosial dibandingkan dengan buku. Banyak anak-anak di desa ini yang telah memiliki gadget sendiri, yang seringkali digunakan untuk bermain game dan mengakses media sosial, sehingga waktu untuk membaca buku menjadi sangat terbatas.

 

Firdaus Tsara Dhafin Prasetya sebagai mahasiswa KKN dari program studi Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro mengambil langkah nyata guna mengatasi masalah ini. Oleh karena itu, Tsara mengusulkan program kerja bertema literasi dengan judul "Pengadaan Program Literasi dengan Tema: Petualangan Buku: Mari Bercerita!" yang bertujuan untuk meningkatkan kembali minat baca anak-anak di Desa Genikan.

 

Program literasi ini dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 26 Juli 2024, di SD N Genikan dengan sasaran anak kelas 5. Program ini dimulai pembagian buku cerita kepada anak-anak kelas 5 SD N Genikan. Mereka kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok kecil, di mana masing-masing kelompok dipandu oleh satu mahasiswa KKN. Anak-anak diarahkan untuk membaca buku tersebut dengan cermat, kemudian mengisi pertanyaan yang ada di dalam buku sebagai bentuk pemahaman mereka terhadap cerita. Mahasiswa KKN membantu dan membimbing anak-anak selama proses membaca dan menjawab pertanyaan, dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan baca anak-anak di Desa Genikan.

 

Program ini mendapat respon positif dari anak-anak. Anak-anak tampak sangat antusias dan terlibat aktif dalam kegiatan. Program kerja KKN dengan tema "Petualangan Buku: Mari Bercerita!" berhasil mencapai tujuan awalnya, yaitu meningkatkan minat baca anak-anak di Desa Genikan. Meski masih banyak tantangan yang perlu diatasi, program ini telah membuka jalan bagi upaya peningkatan literasi di kalangan anak-anak desa. Harapannya, program ini dapat dilanjutkan dan dikembangkan lebih jauh di masa yang akan datang, sehingga Desa Genikan dapat menjadi desa yang lebih literat dan berwawasan luas.

 

Penulis : Firdaus Tsara Dhafin Prasetya, S1 Ilmu Perpustakaan 2021, Fakultas Ilmu Budaya

Dosen Pembimbing : Dr. Kardison Lumban Batu S.E., M.Sc.

Lokasi KKN : Desa Genikan, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang